18 November 2008

manfaat hybrid learning

Saya pernah diundang untuk memberikan materi pengajaran disalah satu perguruan tinggi di Jakarta, kebiasaan mengajar di Indonusa selalu saya terapkan dimanapun mengajar, namun saya mengalami kesulitan untuk melakukan transfer knowledge sehingga apa yang diajarkan tidak banyak yang mengerti dan sangat sangat menjemukan. Dalam hal ini saya sangat menganjurkan kepada teman-teman sejawat untuk menggunakan hybrid learning sebagai media pembelajaran. Memang kita dituntut untuk melakukan up load sendiri tapi sangat banyak manfaat yang kita dapat dari hal tersebut, juga referensi yang terkini merupakan bagian hybrit learning, yang menjadi substansinya adalah ketika kita melakukan pengajaran (apalagi kalau menggunakan warna, animasi yang menarik) maka para peserta didik akan dengan sendirinya tertarik untuk mengikuti pelajaran sehingga ada motivasi bagi mereka untuk lebih konsen untuk mata ajar yang kita berikan. Dan disamping itu juga bagi dosenpun apabila peserta didik sudah menyenangi pelajaran yang kita ajarkan maka dosen pun akan termotivasi untuk meningkatkan kualitasnya dalam menyampaikan materi ajarnya. Untuk itu marilah memanfaatkan dan melaksanakan hybrid learning karena saya telah merasakan manfaatnya. Terimakasih bila ada yang menaggapi opini ini.

Tidak ada komentar: